Sabtu (25/2) kegiatan lomba dalam rangka memperingati Milad ke-3 Boarding School MAN 2 Kota Bima resmi dibuka. Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Bima tersebut berlangsung di Masjid Babul Ilmi MAN 2 Kota Bima. Pembukaan lomba tersebut dimulai pada pukul 08.30 Wita yang dipandu oleh tiga orang santriwati sebagai Master of Ceremony (MC) menggunakan tiga bahasa, Indonesia, Arab dan Inggris.

Acara pembukaan lomba berlangsung khidmat dengan diiringi lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh salah satu siswa yang juga Qoriah Kota Bima, Dzakiratun Shoalihah. Lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berkumandang dilanjutkan dengan Mars dan Himne Boarding School yang dibawakan langsung oleh para santriwati Boarding School MAN 2 Kota Bima.

Tampak berbagai pihak menghadiri pembukaan tersebut diantaranya Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Bima, Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Kankemenag Kota Bima, perwakilan pihak sponsor, Kepala dan wakil kepala MAN 2 Kota Bima, jajaran pengurus dan pembina Boarding School MAN 2 Koat Bima, serta para guru dan siswa peserta lomba se-Pulau Sumbawa.

Adapun tema yang diusung pada kegiatan lomba kali ini yaitu “Santri Berdikari, Bersinergi Membangun Negeri”. Aneka jenis lomba yang mengejawantahkan tema tersebut pun telah disiapkan oleh pihak panitia, baik untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Bagi siswa jenjang SMP/MTs terdapat lomba Pidato Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, Cerdas Cermat Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, English Story Telling dan Hikayat Berbahasa Arab. Sementara itu, untuk jenjang siswa SMA/MA/SMK matalomba yang dipertandingkan yakni Pidato Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Cerdas Cermat Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Debat Bahasa Inggris dan Desain plus Presentasi Infografik.

“Aneka matalomba sudah sangat matang dipersiapkan oleh rekan panitia yang luar biasa. Dukungan pihak madrasah, mulai dari ibu kepala madrasah hingga para pengurus OSIM juga luar biasa. Semoga 523 peserta yang mengikuti lomba kali ini pun tampil luar biasa dan menjadikan ajang ini sebagai pengalaman istimewa untuk meraih kesuksesan di masa depan,” ungkap Ummu Rofikah, M.Hum, saat menyampaikan laporan ketua panitia.

Lomba yang diselenggarakan selama 3 hari (25 – 27 Februari 2023) tersebut didukung oleh berbagai pihak, mulai dari Bank BSI, Bank BNI, Bank NTB Syariah, Telkomsel, Duta Cell, Arena Renang Bima Tirta dan sebagainya. Di lokasi lomba juga terdapat stand aneka kuliner yang dapat dinikmati oleh para peserta. Kemudian, fasilitas yang diperoleh seluruh peserta yakni sertifikat digital dan para pemenang berhak mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan.

Dalam hal ini, lomba yang dipusatkan di MAN 2 Kota Bima tersebut mendapat perhatian yang luar biasa dari berbagai pihak. Bahkan, dalam sambutannya Kepala Kankemenag Kota Bima berkali-kali menyampaikan rasa bangga dan pujian atas pelaksanaan lomba tersebut. Ia menyatakan bahwa kegiatan serupa harus terus dan banyak dilakukan sebagai salah satu wujud inovasi dalam membangun prestasi madrasah maupun Kementerian Agama.

“Lomba yang diselenggarakan ini luar biasa. Ini berkat inovasi, kerja nyata dan karya yang tiada henti dari ibu Kepala Madrasah dan jajarannya. Kami berharap seluruh madrasah atau komponen di lingkup Kankemenag Kota Bima harus mencontoh inovasi MAN 2 Kota Bima. Semua itu demi menghasilkan prestasi siswa yang hebat dan bermartabat serta dapat bersaing di era globalisasi, termasuk dengan menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Drs. H. Syahrir, M.Si.

Kegiatan yang menjadi salah satu agenda rutin Boarding School MAN 2 Kota Bima ini pun telah mendapat dukungan penuh dari pihak madrasah. Berbagai bentuk dukungan pun mengalir dari dewan guru maupun siswa dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan lomba. Kepala madrasah pun berharap ke depan agenda lomba dapat menjangkau peserta pada tingkat Provinsi NTB bahkan nasional.

“Lomba ini harus kita perluas ke level provinsi bahkan nasional. Kita buktikan dan tunjukkan bahwa MAN 2 Kota Bima mampu melaksanakan even hebat semacam ini. Semoga para peserta nyaman, bahagia dan berlomba dengan maksimal di madrasah kami. MAN 2 Kota Bima harus sukses penyelenggaraan, juga sukses prestasi,” pungkas Kepala MAN 2 Kota Bima, Muslihah, S.Pd.