InShot_20230318_120923860 Lagi, potensi talenta sepakbola dari MAN 2 Kota Bima mengharumkan nama daerah Bima. Hidayat, siswa kelas X-7 MAN 2 Kota Bima menjadi satu-satunya peserta yang berasal dari wilayah Bima yang lolos mewakili Provinsi NTB dalam seleksi Elit Pro Academy Bhayangkara FC.

Adapun seleksi yang dilakukan oleh tim Bhayangkara FC tersebut dilaksanakan di Gelanggang Olahraga (GOR) 17 Belas Desember, Turida, Mataram. Seleksi untuk regional NTB tersebut diikuti oleh ribuan peserta berusia 16 Tahun yang berasal dari berbagai klub, Sekolah Sepakbola (SSB) maupun sekolah/madrasah. Pelaksanaan seleksi dimulai dengan proses pendaftaran secara daring (online). Kemudian, para peserta yang lolos dalam verifikasi daring tersebut berhak mengikuti tahapan selanjutnya. Seleksi tahap kedua tersebut dilaksanakan pada tanggal 10 – 12 Maret 2023. Proses seleksi pun dilakukan langsung oleh para pelatih berlisensi dan profesional milik Akademi Sepakbola Bhayangkara FC.

Dalam hal ini, setelah melalui berbagai tahapan, Hidayat bersama tiga peserta lainnya berhasil menarik perhatian tim seleksi. Keempat talenta muda U-16 NTB tersebut berkesempatan mengikuti tahap seleksi nasional di markas Akademi Bhayangkara FC, Surabaya. Haru dan bangga pun menyelimuti perasaan putra dari salah satu tenaga pengajar MAN 2 Kota Bima, Rahmatillah, S.Pd tersebut.

“Alhamdulillah. Awalnya niat mencoba ikut untuk mencari pengalaman. Membawa nama MAN 2 Kota Bima, khususnya M2 United FC sebagai klub futsal dan sepakbola yang sudah terkenal, akhirnya bisa lolos ke nasional. Terima kasih kepada pihak madrasah, terutama tim M2 United dan pihak lainnya yang telah membantu. InsyaaAllah saya akan membawa nama Bima dengan usaha yang maksimal di Surabaya,” ucap pelajar yang bercita-cita membela Tim Nasional Indonesia tersebut.

Di sisi lain, rasa bangga juga ditunjukkan oleh Pembina M2 United FC atas pencapaian Hidayat. Ia menyatakan bahwa talenta pemain muda di madrasah, sekolah bahkan daerah Bima sangat melimpah. Harapannya, pihak yang berkecimpung di dunia sepakbola makin memperhatikan mereka agar ke depan makin banyak pemain profesional yang lahir dari Kota dan Kabupaten Bima.

“Keberhasilan Dayat menjadi pelajaran berharga bagi siswa MAN 2 Kota Bima, khususnya yang ada di M2 United FC. Modal nekat namun dengan niat yang kuat juga akan membuahkan hasil. Regenerasi dan pembinaan pemain usia muda harus menjadi atensi bersama, terutama para pihak yang ada di klub maupun pengurus asosiasi,” ungkap Ahmad Gazali, S.Ag yang juga merupakan pelatih futsal berlisensi.

Tidak lupa pula ia menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang membantu dan mendampingi Hidayat selama menjalani seleksi. Terutama kepada pelatih klub Doro Londo FC, Efendi, SE yang telah mendampingi dan mendukung penuh Hidayat pada setiap tahapan seleksi yang dilakukan.

Tidak ketinggalan apresiasi diberikan oleh dewan guru MAN 2 Kota Bima terhadap pencapaian Hidayat. Termasuk Kepala MAN 2 Kota Bima mengucapkan selamat kepada Hidayat atas prestasi tersebut. Ia berharap akan makin banyak lagi siswa MAN 2 Kota Bima yang tembus menuju pentas sepakbola nasional pada kategori usia muda.

“Mantap. Dayat harus terus didukung dan didoakan. Prestasinya ini bukan prestasi biasa dan mudah didapatkan. Kami berharap akan banyak lagi muncul pemain muda level nasional dari MAN 2 Kota Bima. Tetap semangat pembina, pelatih serta para siswa yang ada di tim futsal maupun sepakbola M2 United FC,” ujar Muslihah, S.Pd menyemangati.