WhatsApp Image 2023-04-02 at 20 29 43 MAN 2 Kota Bima kembali menambah pundi prestasi pada triwulan pertama tahun 2023. Kali ini, Tim Robotik Siswa MAN 2 Kota Bima yang mempersembahkan prestasi di tingkat Kota Bima. Hal ini diraih setelah mengikuti kegiatan Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kota Bima yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Bima.

Adapun prestasi yang dimaksud yakni meraih Juara Harapan 1 untuk kategori SMA/SMK/MA se-Kota Bima. Hasil tersebut merupakan kado indah yang diberikan oleh tim robotik yang terhitung belum genap setahun aktif di MAN 2 Kota Bima. Apalagi persaingan dalam lomba TTG tersebut sangat ketat dengan menghadapi berbagai tim dari SMA dan SMK yang telah lama berkecimpung dalam dunia TTG.

“Hasil ini sudah bagus untuk tim robotik yang baru dirintis. Ini menjadi tambahan pengalaman dan ke depan tentu akan makin intensif pembinaan dan banyak lagi inovasi yang bisa dihasilkan sehingga tim robotik bisa terus eksis memberi prestasi bagi madrasah,” ungkap M Anis Fuadi, M.Ed, Pembina Tim Robotik yang merupakan alumnus Beasiswa NTB tujuan Malaysia.

Dalam gelaran lomba tersebut, tim robotik MAN 2 Kota Bima mendelegasikan dua tim dengan dua hasil inovasi yang berbeda. Dua inovasi tersebut yakni Robot Vacum Cleaner bernama Ma Bo U dan Robot Pelipat Pakaian bernama Lipkum Quina. Adapun tim yang berhasil meraih juara harapan 1 yaitu tim Robot Vacum Cleaner Ma Bo U.

Robot Ma Bo U (Maja Labo Dahu) merupakan hasil inovasi tim robotik dengan memanfaatkan alat dan komponen sederhana yang ada di sekitar masyarakat. Tujuan pembuatan robot tersebut tentu untuk lebih memudahkan aktivitas masyarakat, khususnya dalam urusan kebersihan dengan kelebihan utama pada efektivitas dan efisiensi waktu.

Selain itu, dari sisi ekonomis robot Ma Bo U dianggap masih terjangkau dalam hal biaya pembuatan atau perakitan, pembelian maupun perawatan. Total biaya perakitan yang dikeluarkan oleh tim robotik pun tidak sampai menyentuh angka Rp 500.000,- atau tepatnya kisaran Rp 375.000,-. Proses perakitannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama, mulai dari perakitan komponen, pengkodean (coding) hingga tahap penuntasan dan uji coba.

“Robot ini sangat terjangkau bagi masyarakat. Kami akan mengembangkannya dengan ragam inovasi ke depan. Hasil kali ini menjadi awal bagi kami untuk lebih maksimal lagi. Alhamdulillah kami senang dan makin siap untuk mengikuti event lainnya, bahkan sampai tingkat nasional,” ucap M Ivan Al Farizi, Ketua Tim Robot Vacum Cleaner Ma Bo U.

Berbagai apresiasi pun diberikan kepada tim robot Ma Bo U, baik saat pelaksanaan lomba TTG maupun atas prestasi yang diraih. Tim dari BRIDA Kota Bima dan tim juri dari BRIDA Provinsi NTB pun antusias dengan robot yang beberapa waktu lalu juga pernah ambil bagian dalam Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional. Tidak hanya itu, pihak madrasah pun memberikan apresiasi yang luar biasa terkait prestasi dalam lomba TTG tahun ini.

“Alhamdulillah. Dalam tiga bulan ini kami senantiasa dipersembahkan aneka prestasi dari berbagai bidang akademik maupun non akademik. Teranyar, tim robotik yang membawa kabar gembira. Kami ucapkan selamat dan sukses. Lanjutkan inovasi dan ciptakan berbagai jenis robot yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat. Kami dukung total,” ujar Muslihah, S.Pd, Kepala MAN 2 Kota Bima.

Pada tahun ini, tim robotik MAN 2 Kota Bima sedang menyiapkan diri untuk berpartisipasi dalam berbagai event tingkat nasional. Mulai dari Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, Madrasah Young Reseaerch and Supercamp (MYRES) dan Kompetisi Robotik Madrasah oleh Kemenag RI.