SNMPB MAN 2 KOTA BIMA 2023

Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023 telah diumumkan. Siswa kelas XII dari berbagai sekolah jenjang SMA sederajat pun dapat langsung mengetahui status kelulusannya. Termasuk para siswa MAN 2 Kota Bima yang mengikuti seleksi berdasarkan penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor (semester 1 – 5) serta portofolio akademik dan non akademik tersebut.

Pada tahun ini, tercatat sejumlah 38 siswa MAN 2 Kota Bima berhasil lolos dan diterima di berbagai perguruan tinggi negeri ternama. Mulai dari Universitas Mataram (Unram) hingga Universitas Indonesia (UI), siswa madrasah yang bermotto “Tradisi Prestasi” ini pun dinyatakan diterima pada berbagai program studi (prodi) dan jurusan bergengsi.

Berdasarkan sebaran perguruan tinggi, rincian siswa MAN 2 Kota Bima yang berhasil menaklukkan SNBP 2023 yaitu Universitas Mataram (13 siswa), UIN Alauddin Makassar (satu siswa), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (satu siswa), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (dua siswa), Universitas Haluoleo Kendari (satu siswa), Politeknik Negeri Jember (satu siswa), Universitas Negeri Surabaya (satu siswa), Universitas Negeri Makassar (empat siswa), Universitas Negeri Malang (tiga siswa), Universitas Hasanuddin Makassar (tiga siswa), Universitas Soedirman (satu siswa), UPN Yogyakarta (dua siswa), Universitas Diponegoro (satu siswa), Universitas Padjajaran (satu siswa), Universitas Gadjah Mada (dua siswa), dan Universitas Indonesia (satu siswa).

Kemudian, berdasarkan prodi dan jurusan yang telah dipilih, para siswa MAN 2 Kota Bima tersebar pada berbagai prodi dan jurusan yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Inggris, Bahasa dan Sastra Indonesia, Agribisnis, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Teknik Elektro, Hubungan Internasional, Psikologi, Teknik Informatika, Antropologi, Manajemen Informasi Kesehatan, Desain Komunikasi Visual, Pendidikan Seni Rupa, Gizi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Teknik Pengembangan Wilayah dan Kota, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, dan Teknik Geodesi.

“Alhamdulillah, hasil ini sesuai dengan target dan harapan saya. Terima kasih yang luar biasa untuk pengalaman, ilmu dan kebaikan dari seluruh guru di MAN 2 Kota Bima. Saya akan berusaha maksimal untuk menjadi yang terbaik pada jenjang kuliah nanti agar dapat membanggakan keluarga dan madrasah tercinta,” ujar Aura Sekar Sukmawardani, salah satu siswa yang lolos SNBP 2023.

Adapun hasil yang diraih oleh MAN 2 Kota Bima dalam SNBP 2023 kali ini ditanggapi dan diapresiasi oleh berbagai pihak. Dalam hal ini, secara khusus kepala madrasah pun menyampaikan ucapan selamat dan mengungkapkan rasa bangganya kepada berbagai pihak yang terlibat, khususnya para siswa yang telah lolos. Ia berharap agar para siswa dapat mengemban amanah dengan baik pada masing-masing perguruan tinggi yang telah menerimanya.

“Alhamdulillah. Kami ucapkan selamat dan rasa bangga kepada 38 siswa terbaik yang lolos SNBP tahun ini. Di kampus masing-masing, teruslah bersemangat, raih berbagai prestasi, emban amanah ini dengan baik. Tunjukkan bahwa siswa MAN 2 Kota Bima bukan orang-orang sembarangan,” ungkap Muslihah, S.Pd, Kepala MAN 2 Kota Bima memotivasi.

Selanjutnya, para siswa yang telah dinyatakan lulus tersebut akan melakukan berbagai proses lanjutan sesuai informasi dan ketentuan dari masing-masing perguruan tinggi tujuan. Pihak madrasah pun masih akan tetap memfasilitasi berbagai kebutuhan siswa hingga nanti resmi menjadi mahasiswa pada perguruan tinggi yang telah menerimanya.