1 2 (1) 3 (1)

Hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) telah diumumkan. Tepat pada Senin (3/4) mulai pukul 10.00 WIB para peserta seleksi dapat mengakses hasil seleksi pada laman yang disediakan oleh panitia. Pengumuman tersebut menjadi gerbang pembuka bagi pelajar kelas XII yang akan melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi keislaman negeri.

Tidak terkecuali siswa MAN 2 Kota Bima yang tercatat banyak mengikuti SPAN-PTKIN tahun 2023. Hal ini menunjukkan peningkatan antusiasme siswa madrasah dengan motto tradisi prestasi ini untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, khususnya pada perguruan tinggi keislaman negeri.

Hasilnya, sejumlah 121 siswa MAN 2 Kota Bima berhasil diterima di berbagai perguruan tinggi keislaman negeri. Sebarannya pun beragam, mulai dari perguruan tinggi keislaman negeri yang ada di Pulau Lombok, Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi. Program studi atau jurusan pilihannya pun bermacam-macam.

Secara khusus, jumlah tersebut merupakan rekor terbanyak siswa MAN 2 Kota Bima lolos SPAN-PTKIN sejak beberapa tahun terakhir. Tidak hanya itu, catatan ini pun menjadi torehan sejarah bagi MAN 2 Kota Bima yang berhasil menjadi madrasah di Kota Bima, Pulau Sumbawa bahkan Provinsi NTB yang terbanyak dalam meloloskan siswanya ke perguruan tinggi keislaman negeri melalui jalur SPAN-PTKIN.

Adapun persebaran perguruan tinggi keislaman negeri yang berhasil ditembus oleh siswa MAN 2 Kota Bima antara lain UIN Mataram, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Wali Songo Semarang, UIN Raden Mas Said Surakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, UIN Datokarama Palu, dan UIN Alauddin Makassar.

Atas pencapaian ini, berbagai kalangan, mulai dari pihak madrasah, kantor Kementerian Agama Kota Bima maupun masyarakat umum memberikan apresiasinya. Hal ini menunjukkan bahwa MAN 2 Kota Bima mampu memberi bukti sebagai madrasah yang hebat dan bermartabat sekaligus mandiri dan berprestasi.

Kepala MAN 2 Kota Bima pun menyampaikan rasa syukur, haru dan bangganya atas hasil yang ditorehkan oleh para siswa tersebut. Ia mengajak para siswa yang telah dinyatakan lolos tersebut untuk konsisten atau istiqomah dalam mengharumkan nama MAN 2 Kota Bima di kampus masing-masing.

“Alhamdulillah. Tiap menit kami menunggu update dari para siswa dan hasilnya mampu mencatatkan rekor ini. Benar-benar fenomenal. Kami bangga, terharu dan tentunya berterima kasih kepada para guru dan siswa hebat. Untuk para siswa yang lolos, mari istiqomah dalam mengharumkan nama madrasah pada jurusan, kampus dan daerah tempat kalian menimba ilmu,” ungkap Muslihah, S.Pd, sosok kepala madrasah berprestasi nasional dalam bidang literasi tersebut.

Para siswa yang lolos tersebut pun mulai melakukan berbagai persiapan untuk mengikuti tahap selanjutnya. Mereka terus memantau informasi dari masing-masing perguruan tinggi keislaman negeri tempat mereka diterima. Pihak madrasah pun menyatakan siap membantu segala persiapan yang dibutuhkan hingga nanti para siswa tersebut resmi menjadi mahasiswa pada kampus masing-masing.