10 November 2023-Suasana Hari Pahlawan di MAN 2 Kota Bima begitu terasa. Kegiatan Hari Pahlawan ini menjadi annual event khusus untuk seluruh Civitas Akademika MAN 2 Kota Bima. Diawali dengan kegiatan upacara yang dirangkaikan dengan pembukaan kegiatan lomba dalam rangka memperingati hari pahlawan. Lomba yang bertemakan BRILIANTARA yang diadakan oleh OSIM merupakan event tahunan di MAN 2 KOTA BIMA. Kegiatan Lomba dengan tema BRILIANTARA memiliki makna Konsep Aksi Luar Biasa. Makna tersebut disesuaikan dengan persiapan yang begitu spektakuler dan panitia kegiatan begitu serius dan antusias mempersiapkan segala kegiatan untuk memperingati Hari Pahlawan, tutur Rifqi selaku Ketua OSIM MAN 2 KOTA BIMA.

Upacara Hari Pahlawan dilaksanakan di lapangan tengah. Dihadiri oleh guru, tenaga kependidikan, serta seluruh siswa-siswi MAN 2 Kota Bima. Upacara berlangsung tertib, aman dan lancar. Inspektur upacara yang bertugas yaitu Kepala MAN 2 KOTA BIMA, Muslihah, S.Pd

Kutipan amanat yang disampaikan beliau tidak henti-hentinya mengajak kita semua untuk selalu mengingat bagiamana perjuangan para pahlawan agar senantiasa kita sebagai penerus bangsa dapat mengikuti jejak-jejak perjuangan para pahlawan di era 4.0 ini.

Setelah kegiatan upacara, dilanjutkan dengan opening kegiatan lomba Diawali dengan penampilan Tim Marawis Man 2 Kota Bima dengan pembina Ophic Setiawan, S.Pd. Penampilan kedua dari tim Tari Man 2 Kota Bima dengan pembina Ummul S.Pd. Dilanjutkan dengan kegiatan inti acara pembukaan lomba, yaitu pertama acara pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh Qoriah Nasional yaitu Dzakiratun Sholah, siswi MAN 2 KOTA BIMA kelas XII AGAMA 1. Acara ketiga yaitu laporan Ketua Panitia Kegiatan Lomba oleh Rifki Rabihyadi. Keempat, Sambutan dan simbolisasi pembukaan kegiatan oleh Kepala MAN 2 KOTA BIMA yaitu Muslihah, S.Pd dan diakhiri pembacaan doa oleh Ustad Maresan, S.Ag.

Pasca opening kegiatan, seluruh warga MAN 2 Kota Bima dihibur dengan penampilan band akustik two eazy dari band Internal MAN 2 KOTA BIMA.

Banyak cara untuk menjadi pahlawan masa kini. Siapapun bisa menyandang gelar tersebut. Kegiatan seorang pahlawan masa kini bisa dilihat dalam bentuk aksi-aksi nyata dalam memperkuat keutuhan NKRI. Seperti menolong sesama, memiliki rasa empati serta menghargai dan menghormati hak-hak orang lain.