Humas.MAN 2 Kota Bima - Madrasah di ujung timur provinsi NTB MAN 2 Kota Bima baru-baru ini berhasil membawa harum nama Indonesia di kancah internasional. Pasalnya 3 Siswa terbaik madrasah dengan segudang prestasi ini baru saja balik ke Indonesia setelah mengikuti Internasional Youth Exchange and Conference Chapter 7 di 3 negara yaitu Malaysia, Singapura, dan Thailand. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Indonesian Youth Action dari 28 Desember 2023 - 3 Januari 2024 dan diikuti oleh seluruh pelajar atau mahasiswa di seluruh Indonesia yang telah mengikuti tahap penyeleksian dan dinyatakan lolos seleksi.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan pertukaran pemuda ini adalah untuk mengikutsertakan para pelajar atau mahasiswa Indonesia agar tetap produktif dan mengasah skill yang dimilikinya, baik soft skill maupun hard skillnya. Lebih lanjut, dapat mendorong para pemuda supaya keluar dari zona nyaman, melatih publik speaking, belajar budaya, dan lain sebagainya.

Kegiatan yang dilakukan dalam International Youth Exchange ini antara lain university tour, memperkenalkan budaya Indonesia dan belajar budaya negara yang dikunjungi, tour ke beberapa destinasi wisata, serta puncaknya adalah Conference.

Adapun 3 siswa yang mengikuti kegiatan International Youth Exchange, antara lain: Suryana Fahmi, Alif Hidayat, dan M. Ivan Al-Farizi. “Saya sangat bangga sekali mengingat kami sebagai generasi penerus bangsa dan anak Madrasah bisa mengikuti event internasional, sebab guru terbaik adalah pengalaman itu sendiri dan harapannya bisa kembali mengikuti berbagai event internasional”, ungkap Alif Hidayat

Luar biasanya, Alif Hidayat dinobatkan sebagai SDGs Youth Ambassador dan Platinum Delegate dalam Pertukaran Pemuda Internasional di tiga negara (Malaysia, Singapura, dan Thailand).

Muslihah, S.Pd selaku Kepala MAN 2 Kota Bima mengungkapkan rasa bahagianya, “kami keluarga besar MAN 2 Kota Bima mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada 3 siswa terbaik kami yang telah mengharumkan nama MAN 2 Kota Bima pada level internasional. Semoga prestasi Internasional ini bisa menjadi stimulus bagi siswa/i yang lainnya untuk terus meningkatkan semangat dan motivasi belajar”.