Humas.MAN 2 Kota Bima – Madrasah dengan segudang prestasi yang terletak di ujung timur provinsi Nusa Tenggara Barat ini tidak henti-hentinya menorehkan prestasi. Setelah membanggakan Indonesia dengan meraih juara 2 lomba robotik di Malaysia, MAN 2 Kota Bima kembali menyuguhkan prestasi luar biasa ditingkat Internasional yaitu Fakhrel XI IPA 6 Lolos Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Bina Antarbudaya (The Indonesian Foundation for Intercultural Learning).

Pelajar yang mempunyai nama lengkap Muhammad Fakhrel Setiawan ini lahir di Kore Sanggar, 05 Januari 2008. Anak pertama dari 4 bersaudara, pasangan Wawan Setiawan dan Desy Ditha Windriani tersebut tidak hanya berprestasi dibidang akademik saja, akan tetapi juga meraih beberapa penghargaan pada bidang non-akademik, seperti juara lomba pidato bahasa Inggris, lomba presentasi bahasa Inggris, dan kali ini lolos pertukaran pelajar ke Amerika serikat.

Program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat dimulai dengan tahap pendaftaran pada bulan September – Oktober 2023. Selanjutnya, peserta akan mengikuti 5 tahap seleksi, diantaranya: seleksi berkas, seleksi chapter, seleksi nasional, seleksi berkas nasional, dan seleksi internasional. Syarat utama dalam mengikuti proses seleksi kegiatan ini yaitu setiap peserta harus bisa berbahasa Inggris dengan lancar karena yang menyeleksinya adalah orang Amerika langsung. Setelah mengikuti tahap penyeleksian, hanya 60 siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang dipilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat.

Para siswa dijadwalkan berangkat ke Amerika Serikat pada 5 Agustus 2024 dan akan kembali ke Indonesia pada 1 Juni 2025 dengan rincian agenda sebagai berikut:

30 Juli 2024 (Pra-Orientasi atau lapor diri dan briefing)

31 Juli s.d 4 Agustus 2024 (Orientasi Pra Program)

5 Agustus 2024 (Keberangkatan)

1 Juni 2025 (Kepulangan)

3 s.d 5 Juni 2025 (Re-Orientasi)

*Jadwal di atas dapat berubah sewaktu-waktu

Pelajar yang biasa disapa Fakhrel mengungkapkan, “semoga dengan ikutnya saya dalam program pertukaran pelajar ini, akan membuka potensi dan kemauan pelajar yang ada di wilayah NTB pada umumnya dan pelajar MAN 2 Kota Bima pada khususnya, untuk lebih aktif dan dapat mengenal potensi diri masing-masing, karena masih jarangnya pelajar saat ini yang mampu memanfaatkan potensi mereka dengan sebaik mungkin. Ada 13 orang dari kota Bima yang mengikuti seleksi program pertukaran pelajar ke Amerika Serikat ini dan hanya saya satu-satunya yang lolos hingga seleksi internasional.”, ungkap Fakhrel bahagia

Kepala MAN 2 Kota Bima, Muslihah, S,Pd juga mengungkapkan rasa bahagianya, “saya selalu memberikan dukungan penuh kepada siswa/siswi terbaik MAN 2 Kota Bima yang selalu semangat mengukir prestasi, baik tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan bahkan Internasional. Ini prestasi tingkat internasional yang kesekian kalinya ditorehkan oleh siswa/siswi terbaik MAN 2 Kota Bima. Harapannya semoga bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan untuk waktu-waktu berikutnya serta menjadi motivasi dan semangat bagi siswa/siswi lainnya.”