Tim Esai MAN 2 Kota Bima kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini, tim yang beranggotakan tiga siswa tersebut berhasil melaju ke babak final Lomba Esai Tingkat Nasional 2024. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Setara Prisma Nusantara bekerjasama dengan Universitas Dhyana Pura, Bali.

Lomba yang terlaksana untuk kali ketiga ini dimulai dengan tahapan pendaftaran dan seleksi paper (esai) sejak bulan Januari hinga Maret 2024. Kemudian, panitia dan dewan juri menentukan para finalis yang berhak melaju ke tahapan selanjutnya atau babak final. Babak final lomba bertajuk Pekan Ilmuan Muda Nasional tersebut akan berlangsung pada tanggal 4 hingga 5 Mei 2024 di Bali. Para peserta yang berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa, baik individu maupun tim yang telah dinyatakan lolos seleksi esai akan diundang menyajikan esainya secara langsung di kampus Universitas Dhyana Pura, Bali.

Salah satu tim peserta yang telah dinyatakan lolos ke babak final yaitu Tim Esai MAN 2 Kota Bima. Para personilnya yakni M. Rifqi Rabihyadi (XI IPS 1), Dinul Rahman (XI IPA 4), dan M. Nur Alfaridzy Putra (X-1). Kepastian kelolosan ke babak final diumumkan melalui posel (email) peserta dan undangan resmi yang dikirimkan pada 30 Maret 2024.

Adapun tahapan babak final akan dimulai dengan pembuatan poster dan video terkait esai yang disajikan oleh masing-masing peserta. Kemudian, poster, video, dan esai tersebut akan dipresentasikan kembali di hadapan dewan juri pada bulan Mei. Hal ini pun sudah mulai dipersiapkan oleh Tim Esai MAN 2 Kota Bima bersama pembina.

“Alhamdulillah. Rezeki bulan Ramadan, kami diberikan kesempatan untuk membawa nama madrasah di kancah nasional dalam ajang ini. Persiapan untuk babak final sudah kami mulai. Mudah-mudahan mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, khususnya pimpinan dan warga madrasah,” ujar Rifqi, ketua Tim Esai MAN 2 Kota Bima.

Hasil yang diperoleh oleh tim esai tersebut pun langsung mendapat respon dari warga madrasah, khususnya pimpinan MAN 2 Kota Bima. Dukungan penuh kepada para talenta yang akan membawa nama madrasah di kancah nasional pun akan diberikan. Hal ini pun menjadi satu kebanggaan bahwa MAN 2 Kota Bima mampu terus bersaing termasuk di level nasional.

“Ini prestasi yang luar biasa. Kami bangga, kami doakan dan tentunya mendukung penuh Tim Esai yang akan menuju Bali menghadapi babak final. Tetap semangat dan lakukan yang terbaik untuk madrasah,” ungkap Muslihah, S.Pd, Kepala MAN 2 Kota Bima.

Lomba bertema “Pemuda sebagai Agent of Change dalam Menghadapi Persaingan Global” ini terbagi dalam beberapa sub tema, yaitu Pertanian, Lingkungan, Pangan, Kesehatan, Teknologi, Pendidikan, Hukum, Sosial, Ekonomi, Pariwisata, dan Budaya.

Para peserta yang berhasil melaju ke babak final berkesempatan untuk meraih beberapa penghargaan dan hadiah yang telah disediakan oleh panitia. Hadiah tersebut berupa uang pembinaan, trofi dan sertifikat bagi Juara 1, 2, dan 3 serta Juara Harapan 1, 2, dan 3. Selain itu, diberikan pula sertifikat dan trofi bagi peraih Best Paper, Best Poster, Best Video, Best Presentasi, Favorit Paper, Favorit Poster, Favorit Video, dan The Most Favorit Poster. Tidak hanya itu, terdapat pula kategori Gold, Silver, dan Bronze Medal yang akan mendapatkan sertifikat dan medali.

Para finalis juga akan mendapatkan fasilitas field trip ke beberapa destinasi wisata di Bali. Destinasi tersebut yaitu Pantai Kuta, Tanah Lot, dan Pusat Oleh-oleh khas Bali. Hal ini merupakan bentuk pelayanan maksimal yang diberikan oleh panitia lomba kepada para finalis yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia.