Sejumlah 104 siswa MAN 2 Kota Bima dinyatakan lolos Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Tahun 2024. Hasil Seleksi ini diperoleh setelah para siswa mengakses pengumuman kelulusan yang mulai dibuka secara daring (online) pada Selasa, 2 April 2024 pukul 15.00 Wita melalui laman yang disediakan oleh panitia. Pengumuman ini menjadi awal bagi pelajar kelas XII MAN 2 Kota Bima yang akan melanjutkan jenjang pendidikan khususnya di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perguruan tinggi keislaman negeri yang berhasil ditembus oleh siswa MAN 2 Kota Bima tahun ini adalah berbagai perguruan tinggi keislaman yang ternama di Indonesia. Persebaran perguruan tinggi keislaman negeri yang berhasil ditembus oleh siswa MAN 2 Kota Bima pada SPAN-PTKIN tahun ini antara lain UIN Mataram, UIN Alauddin Makassar, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Wali Songo Semarang, UIN Raden Mas Said Surakarta, UIN KH. Achmad Siddiq Jember, UIN Syahada Padangsidimpuan Sumatera Utara, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dan IAIN Langsa.

Setelah resmi dinyatakan lolos seleksi, para siswa diarahkan untuk melakukan daftar ulang dan berbagai persiapan untuk mengikuti tahap selanjutnya. Pihak madrasah mengarahkan para siswa yang lolos untuk terus memantau informasi dari masing-masing perguruan tinggi keislaman negeri tempat mereka diterima. Pihak madrasah pun menyatakan siap membantu segala persiapan yang dibutuhkan hingga nanti para siswa tersebut resmi menjadi mahasiswa pada kampus masing-masing.

Masih dalam suasana bangga dan bahagia karena sebelumnya telah berhasil menjadi madrasah dengan jumlah siswa terbanyak yang lolos melalui jalur SNBP se-Provinsi NTB, atas pencapaian ini Kepala MAN 2 Kota Bima pun menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas hasil yang diperoleh oleh para siswa melalui jalur SPAN-PTKIN. Ia menghimbau kepada para siswa untuk konsisten dan tidak melewatkan kesempatan yang telah diraih ini. Ia juga berterimakasih kepada seluruh civitas akademika MAN 2 Kota Bima yang telah sukses mengantarkan siswa lulus di berbagai PTN dan PTKIN di Indonesia. Menurutnya, tanpa dukungan dan bimbingan sepenuh hati, mustahil keberhasilan itu diperoleh oleh siswa.

“Alhamdulillah, kami bangga, terharu atas pencapaian siswa lolos SPAN-PTKIN tahun ini. Hal ini tentu tidak terlepas dari kerja keras seluruh civitas akademika MAN 2 Kota Bima mengantarkan para siswa hingga di titik ini. Terima kasih kepada para guru dan siswa hebat. Kepada para siswa yang lolos seleksi, tolong kesempatan ini jangan disia-siakan, semoga nantinya mampu mengemban amanah sebagai mahasiswa dengan baik. Bawalah nama baik madrasah ini ke level yang lebih tinggi”, ungkap Kepala MAN 2 Kota Bima, Muslihah, S.Pd.