Suasana bulan Ramadhan bukan halangan bagi civitas akademika MAN 2 Kota Bima untuk terus mengukir prestasi. Kali ini prestasi tersebut dipersembahkan oleh santriwati Boarding School MAN 2 Kota Bima. Prestasi yang diraih tersebut merupakan kado bulan Ramadhan bagi MAN 2 Kota Bima.

Adapun prestasi yang dimaksud yaitu Juara 3 Lomba Ceramah Ramadhan Virtual tingkat pelajar dan santri se-Nusa Tenggara Barat tahun 2024. Santriwati Boarding School MAN 2 Kota Bima peraih prestasi tersebut ialah Rizqi Nadjifah Maulida.

Santriwati yang saat ini duduk di bangku kelas XI IPA 1 tersebut berhasil meraih total poin sejumlah 181. Lomba Ceramah Ramadhan Virtual tersebut diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA), Mataram. Tahun ini merupakan kali keempat lomba tersebut dilaksanakan. Lomba yang rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan ini pun ditujukan agar para pelajar dan santri dapat mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.

“Kegiatan ini secara rutin akan terus diselenggarakan setiap bulan Ramadhan sebagai wadah para peserta untuk mengaktualisasikan kemampuan berceramahnya,” ucap Maqita Firmasyah, Ketua Panitia Lomba.

Rangkaian kegiatan Lomba Ceramah Ramadhan Virtual tahun ini dimulai dengan pendaftaran peserta sejak 17 Maret hingga 1 April 2024. Kemudian, para peserta mengirimkan video ceramah untuk dinilai oleh para juri sesuai dengan kriteria penilaian pada 2 hingga 3 April 2024. Setelah penilaian tuntas, pengumuman para pemenang dilakukan melalui pertemuan zoom pada 5 April 2024. Terdapat enam pemenang yang ditetapkan oleh dewan juri.

Keenam pemenang tersebut yaitu Juara 1 diraih oleh Dinda Adiya Lestari (SMK Islam Raudhatul Azhar), Juara 2 Fathir Haykal (Pondok Pesantren Daar El Huda), Juara 3 Rizqi Nadjifah Maulida (MAN 2 Kota Bima), Juara 4 Rida Febriani (SMK Islam Raudhatul Azhar), Juara 5 Ginan Adya Fitrawan (SMAN 1 Empang), dan Juara 6 Ahmad Ginanjar Febryan Rosidi (MAN 1 Mataram). Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa Uang Pembinaan dan Sertifikat.

Terkait hasil yang diperoleh oleh Maulida, segenap civitas akademika MAN 2 Kota Bima pun memberikan apresiasi. Kepala MAN 2 Kota Bima juga menyampaikan rasa bangganya terhadap prestasi salah satu santriwati Boarding School MAN 2 Kota Bima tersebut. “Alhamdulillah, selamat kepada pembina dan ananda Maulida. Berkah Ramadhan bagi MAN 2 Kota Bima. Prestasi ini membuktikan bahwa santri maupun santriwati Boarding School MAN 2 Kota Bima mampu bersaing dalam berbagai bidang dan berkontribusi untuk madrasah tercinta,” ungkap Muslihah, S.Pd bangga.

Berdasarkan data, tidak hanya kali ini santri maupun santriwati Boarding School MAN 2 Kota Bima menorehkan prestasi gemilang. Beberapa prestasi yang pernah dipersembahkan untuk madrasah seperti juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM), juara pada berbagai lomba Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama, juara Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Nasional, dan berbagai prestasi lainnya di tingkat kota/kabupaten, provinsi maupun nasional. Hal ini menunjukkan bahwa pembinaan dan kegiatan di Boarding School MAN 2 Kota Bima sangat menunjang kompetensi santri dan santriwati dalam berbagai bidang.