Humas•MAN 2 Kota Bima - Selamat, Madrasah Tradisi Prestasi diujung timur provinsi NTB berhasil meloloskan 12 orang siswa pada seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN-K) tingkat kota Bima tahun 2024 dan siswa tersebut selanjutnya akan berkompetisi di tingkat provinsi.

Kedua belas siswa itu lolos pada semua mata pelajaran yang dilombakan. Hasil ini benar-benar menunjukkan bahwa MAN 2 Kota Bima berhasil melakukan pembinaan terhadap siswa/i binaannya. Adapun kedua belas siswa tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Dinul Rahman (Bidang Matematika)
  2. ⁠M. Nabil Annafis (Bidang Fisika)
  3. ⁠M. Fadlil Akbar (Bidang Kimia)
  4. ⁠M. Ivan Al farizi (Bidang Informatika)
  5. ⁠Titian Arafah (Bidang Biologi)
  6. ⁠Wafa R (Bidang Biologi)
  7. ⁠Kayla F (Bidang Astronomi)
  8. ⁠M. Maulana (Bidang Astronomi)
  9. ⁠M. Nul Arfarizi Putra (Bidang Ekonomi)
  10. ⁠M. Abdiadul Rifki (Bidang Kebumian)
  11. ⁠M. Faisal Algifari (Bidang Geografi)
  12. ⁠Alif Hidayat (Bidang Geografi

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kompetisi tahunan dalam bidang sains bagi para siswa SD/SMP//SMA sederajat di seluruh wilayah Indonesia. Kompetisi ini diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek). Peserta yang mengikuti kompetisi ini adalah siswa-siswi terbaik yang mewakili daerah atau provinsinya masing-masing yang telah lolos seleksi pada tingkat Kabupaten dan Provinsi.

Dalam mempersiapkan diri menuju Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kota (OSN-K) MAN 2 Kota Bima telah melakukan persiapan matang beberapa bulan sebelum berkompetisi yaitu dengan adanya proses pembentukan tim olimpiade masing-masing mapel. Setelah tim tersebut dibentuk, pembina intens melakukan pembinaan dua kali dalam seminggu, namun apabila sudah mendekati kompetisi maka pembinaan rutin dilakukan setiap hari.

“Hasil OSN-K tahun 2024 adalah bentuk dari semangat dan kerja keras tim Olimpiade Man 2 Kota Bima dan merupakan hadiah miladnya madrasah tradisi prestasi yang ke-34. Terima kasih kami sampaikan kepada Ibu Kepala Madrasah yang sudah mendukung penuh dan memfasilitasi kami selama ini”. Ungkap Ibu Wil pembina Kimia

Kepala MAN 2 Kota Bima Ibu Muslihah, S.Pd merasa bangga dengan pencapaian ini karena pertama kalinya MAN 2 Kota Bima mendominasi disemua mata pelajaran. Beliau mengungkapkan, “selamat dan terima kasih kepada Pembina hebat dan siswa/i terbaik (Tim Olimpiade OSN -K) MAN 2 Kota Bima yang telah berjuang dengan maksimal sehingga mencapai hasil yang membanggakan ini dan berhasil lolos menuju OSN tingkat provinsi NTB. Selanjutnya, kita persiapkan lagi dengan sebaik-baiknya supaya mampu lolos mewakili provinsi NTB ke tingkat nasional bahkan internasional.”